Sabtu, 06 Agustus 2016

Analisa Biaya Hidup "Kos" di Purwokerto Selama 2 Bulan

Analisa Biaya Hidup "Kos" di Purwokerto Selama 2 Bulan - Hai, sebelumnya Minal Aidzin Wal Faidzin ya, sori baru ngucapin. Oiya, gue tuh lagi ngejalanin PKL selama 3 bulan, mulai 6 Juni - 6 Juli - 6 Agustus - 6 September (3 bulan).

Gue tuh ngekos di Grendeng Purwokerto, itu area situ komplek kosnya anak-anak UNSOED semua. Gue ngekos di Jl H. Madrani, dan nama kosan gue itu Pondok Indah Madrani (PIM).

Pengalaman gue waktu kos tuh asyik, gue dapet banyak pengalaman yang ngga gue dapetin di rumah, seperti :
  1. Ibu kos yang baik
  2. Temen kos yang sopan dan ramah
  3. Gue bisa ngelawan phobia gue sendiri (takut sendiri + kecoa)
  4. Gue tau arti susahnya hidup sendiri (makanan tumpah ya bersihin sendiri, dll)
  5. Gue tau arti berhemat (walaupun gue belum bisa hemat)
Gue nikmatin banget kisah kos gue di PIM ini, overall, gue kasih nilai 10/10 buat PIM dan lingkungannya hehe.

Purwokerto

Kemaren tuh tanggal 5 Agustus 2016 gue cabut dari kos, check out, tuh Ibu Kos bilang ke orang tua gue, gini nih "Tuh pak, anaknya (gue), saya seneng banget dia ngekos di sini." Ya Alhamdulillah sih gue dipuji sama Ibu Kos.

Terus, pas pulang pas mau naik mobil, dia bilang lagi, "Mas, kalau main ke daerah sini, jangan lupa main mampir di sini lagi ya." Jujur gue terharu, ibarat gue ada perlakuan khusus sama Ibu Kos di situ, walaupun gue ngekos 2 bulan, nggak lama.

Di kos Pondok Indah Madrani itu, fasilitasnya banyak, seperti :
  1. WC
  2. Kamar Mandi
  3. Parkir Luas
  4. Aula (TV, Pingpong)
  5. Ruang Laboratorium Komputer
  6. Ruang Pengadaan, dll
  7. Kurang lebih ada 20 kamar kos
  8. Lingkungan yang asri
  9. Latar setiap depan kamar kos rapi (setiap minggu disapu dan dipel)
  10. Kamar kos luas (lemari, kasur)
Makanya, gue ngasih nilai 10 ke Pondok Indah Madrani, kalau lu Mahasiswa, Anak PKL, Bapak-bapak yang mau kerja, gue saranin kos di situ, fasilitas super lengkap, sumpah! Berani jamin!

Makanya, anak-anak yang ngekos di situ, kalo yang Mahasiswa, itu ngekos dari awal sampai dia kelar kuliahnya. Karena suasananya enak sih di situ.

Setiap jam 10 malam, gerbang ditutup.

Analisa Biaya Hidup "Kos" di Purwokerto Selama 2 Bulan

Maaf, gue tekanin di sini, ini artikel bukan buat pamer, karena memang di sini ada angkanya, tolong jangan dibuat pamer, ini sebagai referensi, karena Purwokerto itu sendiri kotanya anak kuliah, banyak kampus di sini.

Seperti Universitas Jenderal Soedirman, STMIK AMIKOM Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Wijaya Kusuma, BSI Purwokerto, dan banyak puluhan kampus lainnya di Purwokerto.

Sekali lagi, artikel ini bukan buat pamer, jadiin referensi, pertimbangan, pembelajaran, ambil sisi positifnya.

Kalo lo ngira artikel ini buat pamer, silakan cukup baca sampe sini aja, jangan scroll sampe ke bawah, jangan jadi orang munafik kepada diri sendiri. Baca dengan hati yang lapang biar nanti bacanya langsung nyambung.

Rincian Biaya Keseluruhan
Kos (2 bulan) Rp 800.000
Makan (1 bulan + Puasa Ramadhan) Rp 1.100.000 (700.000 + 400.000)
Minum (Aqua 1500 ml) Rp 70.000
Laundry Rp 20.000
Jajan di Alfamart (2 bulan) Rp 300.000
Jahit Celana Rp 5.000
Buka Bersama 3x Rp 185.000
Internet (WLAN - 2 bulan) Rp 50.000
Listrik (2 bulan) Rp 30.000
Ngabuburit Rp 30.000
Bensin (2 bulan) Rp 170.000
Distro Clothing Rp 500.000
Hunting 2x Rp 350.000
Lain-lain (2 bulan) Rp 100.000
Total Rp 3.710.000

Catatan!

  • Kenapa beli Aqua 1500 ml? Bukan galon? Males aja, pengin yang praktis
  • Laundry kok cuma segitu? Murah amat? Mulai minggu ketiga gue ngekos, laundry gue stop dan biar di cuci di rumah aja, karena laundry biasanya kurang tepat waktu
  • Jajan banyak amat? Buat ngemil daripada ngga ngapa-ngapain
  • Bukber 3x kok mahal? Bukber yang terakhir itu mahal karena gue yang bayar
  • Catatan di atas angkanya udah dibuletin biar gampang ngitungnya

Total selama 2 bulan tuh Rp 3.710.000
Berarti 1 bulannya itu Rp 1.855.000
Berarti per 2 minggunya itu Rp 927.500
Berarti per 1 minggunya itu Rp 463.750
Berarti per 1 harinya itu Rp 66.250
Berarti per 12 jamnya itu Rp 33.125
Berarti per 6 jamnya itu Rp 16.563
Berarti per 3 jamnya itu Rp 8.282
Berarti per 1 jamnya itu Rp 2.761
Berarti per 30 menitnya itu Rp 1.381
Berarti per 15 menitnya itu Rp 691
Berarti per 5 menitnya itu Rp 230
Berarti per 1 menitnya itu Rp 46
Berarti per 30 detiknya itu Rp 23
Berarti per 10 detiknya itu Rp 7,7
Berarti per 1 detiknya itu Rp 0,7

OVERALL, BIAYA HIDUP (DENGAN KOS) DI PURWOKERTO = CUKUP MAHAL!

3 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

kak pim itu kos khusus cowok ya?

Iya, khusus untuk perempuan di sekitar situ banyak juga, mulai dari yang WC luar sampai WC dalam, sampai ber AC juga ada.


EmoticonEmoticon