Minggu, 29 Mei 2016

Tekuni Hobi, Kian Dicibir Kian Tersihir

CekAja dan Ngeblog.me Blogger Contest

Banyak yang sudah melakukan survei yang memenangkan hobi sebagai juaranya. Survei tersebut di antaranya, "Pekerjaan apa yang paling digemari?", kebanyakan orang akan menjawab hobi yang dibayar.

Setiap orang, pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka memancing, suka membaca buku, suka menulis, dan masih banyak lagi ribuan hobi yang ada di luar sana, baik itu yang sudah pernah kita tahu, ataupun belum. Banyak hobi yang merebak di luar sana.

Hobi
Hobi, foto : kompas.tv

Sebenarnya, apa itu hobi?

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Kata hobi (Bahasa Indonesia) merupakan salah satu kata serapan dari hobby (Bahasa Inggris).

Kebiasaan dari masyarakat kita memang lucu. Melakukan hobi mereka hanya di waktu luang saja, setengah-setengah, malah bahkan hanya berapa persen saja di keseharian mereka.

Padahal, hobi itu bisa dibayar, dan bisa mengasah kemampuan dalam hobinya. Namun, penerapan akan hal ini, masih belum bisa dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia. Masih terbilang sedikit, bahkan masih di bawah 10 persen.

Yang menjadi tantangan, jika kita melakukan suatu hobi yang kita miliki, tentu akan menuai banyak pujian, tapi lebih banyak mengarah ke cibiran. Biasanya, cibiran datang karena orang-orang beranggapan "Lakukan pekerjaanmu, baru kamu bisa melakukan hobimu". Inilah orang-orang yang gemar menyepelekan hobi, dan apa-apanya harus bergantung pada pekerjaan, yang dimaksud pekerjaan di sini adalah kewajiban yang harus kita laksanakan.

Kewajiban seperti melakukan pekerjaan, belajar. (Maksud di sini bukan menjadikan harus terkekang oleh satu kewajiban saja).

Dengan membuat presentase 40 : 60 untuk hobi dan kewajiban, itu sudah sangat bagus. Maksudnya, hobi yang kita miliki harus bisa kita manfaatkan dengan baik karena itu merupakan suatu bentuk investasi yang ada di dalam diri kita.

Memang, sekarang belum banyak hobi yang dibayar. Tapi, kita lihat beberapa tahun yang akan datang.

Contoh klasiknya saja, Andi gemar bermain game. Andi memang hapal dengan game dan seluk beluknya. Suatu saat, Andi tertarik untuk melakukan uji coba terhadap suatu game yang akan dipublikasikan. Andi ingin menjadi penguji bersama dengan 9 orang yang lain, karena hanya dibutuhkan 10 penguji saja. Alhasil, Andi berhasil menguji game tersebut, dan mendapati beberapa bug yang ada di game itu.

Apa yang Andi dapatkan?
  1. Mendapatkan pengalaman.
  2. Bisa menguji game secara langsung, dalam arti yang lain, Andi dan 9 orang penguji lainnya adalah orang yang penting agar bisa mengembangkan game yang akan dipublikasikan kepada dunia.
  3. Uang.
Kok uang?

Benar, Uang! Tidak ada yang janggal di sini. Hobi Andi dengan bermain game bisa terbayarkan dengan uang.

Kok bisa?

Developer (pengembang) yang akan membuat game dan sudah dalam proses finishing, biasanya akan melakukan pengujian terhadap orang-orang luar, yang bukan berasal dari pengembang tersebut. Tidak main-main, orang yang diambil adalah seseorang yang memiliki hobi dan sangat antusias. Untuk seorang penguji saja, dalam game sekelas dunia, bisa dibayar hingga ratusan juta hanya untuk menemukan bug dan menguji game saja. Enak kan?

Yang bisa diambil di sini adalah, jalanilah hobimu, dengan apa yang kamu mau, asal tidak menghilangkan apa yang sudah menjadi kewajiban kamu.

Sekarang, kita menuju ke contoh berikutnya yang lain, yang lebih merinci dan bisa kamu ikuti.

Blogger = Hobi

Menjadi seorang blogger biasanya orang yang berkecimpung di sini adalah seorang yang memiliki bakat di bidang menulis dan akan mencoba menuangkan tulisannya ke dalam catatan digital, yang biasa kita sebut dengan blog.

Memang, untuk menghasilkan uang, kita tidak bisa meraihnya dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun saja. Kita harus mencoba menekuninya paling tidak minimal 3 tahun agar kita menjadi mahir, paham akan seluk beluknya, dan paham situasinya.

Seorang Blogger seringkali mendapatkan cibiran, karena :
  • Harus di depan PC tiap hari.
  • Bermain dengan PC hingga tidak tahu waktu.
  • Menghabiskan kuota internet.
  • Membuang-buang waktu.
  • Tidur terlalu larut.
Perlu kita ingat, untuk menjadi orang yang sukses, perhatikan ini :

"Tak ada pekerjaan yang sia-sia"

Jadikan untaian kalimat tersebut sebagai penyemangat di setiap harimu. Memang benar tidak ada pekerjaan yang sia-sia. Butuh bukti?

Ini beberapa contoh kecilnya :
  1. Budi selalu mengedit foto, dia menekuninya, hingga akhirnya, sekarang dia menjadi seorang desain grafis.
  2. Candra kesulitan karena modem yang ia gunakan tidak bisa terhubung ke internet. Ia mencoba mencari masalahnya, ia menemukan solusinya. Hingga saat ini, Candra selalu membantu temannya yang kesusahan sama seperti dirinya dulu.
  3. Dani selalu bermain bola sesaat sepulang sekolah di sore hari. Selama bermain bertahun-tahun lamanya, ia bisa menyimpulkan bagaimana cara mengumpan kepada teman dengan akurat, hingga ia tahu taktik menerobos hingga 3 pemain lawan.
Tidak ada pekerjaan yang sia-sia kan? Hidup ini indah!

OK, kembali lagi ke pokok pembahasan.

Seorang Blogger selalu mendapatkan tekanan tiap hari. Pernah juga saya mendapat cibiran dari orang dewasa, tetangga saya sendiri yang sudah berusia sekitar 40 tahunan. Seperti ini :
Aja keseringen dolanan blog, ngguang wektu tok. (Jangan keseringan bermain blog, karena membuang waktumu saja)
Loh orang tua itu kan benar mengingatkan kamu? Memang benar.

Tapi, akan saya luruskan kembali. Ada tidak, hobi yang tidak menghabiskan waktu? Sah-sah saja kan melakukan hobi asal ingat dengan waktu?

Untaian kalimat yang diberikan olehnya tersebut, dengan nada yang agak keras dan cukup menghina saya karena sembari memalingkan muka dan pergi begitu saja setelah selesai mengatakan hal tersebut.

Tapi, Alhamdulillah (bersyukur), karena usaha bermain blog sudah mulai membuahkan hasil. Anggap saja cibiran adalah suporter fanatik yang mendukung kita, mendukung dari bagian yang tidak pernah kelihatan oleh kita, dan sangat ingin bertemu dengan kita untuk memuji lagi. Padahal ya mencela (tapi berpikirlah dan beranggapan positif saja).

Sudah banyak sebenarnya, Blogger Indonesia yang sukses hanya berawal hobi menulis dan menuangkannya di dalam blog. Tidak tanggung-tanggung, penghasilannya mencapai ratusan juta rupiah per bulan! Blog yang dimiliki orang asing juga bahkan bisa menghasilkan hingga milyaran per bulan.

Contoh Nyata

1. Linda Ikeji

Linda Ikeji
Linda Ikeji merupakan blogger yang berasal dari benua Afrika, tepatnya di negara Nigeria. Dia hanya menggunakan platform blog gratis, yakni blogger.com.

Linda Ikeji pertama kali membuat blog pada tahun 2003. Hingga 2007, ia masih belum mendapatkan apapun dari kegiatan blognya. Dengan kegagalan inilah, yang membuatnya menjadi semakin giat untuk kembali bangkit.

Pada tahun 2010, ia mendapatkan tawaran iklan yang sangat banyak. Pada tahun 2013, terkuak jika penghasilannya mencapai US$65,000 dalam sebulan, dirupiahkan menjadi Rp 845 juta (dengan rate US$1 = Rp 13.000).

Linda Ikeji memang sangat peka terhadap kehidupan sosialnya. Dia rela menyumbangkan sejumlah uang untuk kepentingan penyakit Ebola yang merebak di Afrika pada tahun 2014 silam. Dia sadar karena, masih banyak orang di luar sana membutuhkan bantuan.

2. Michael Arrington


Michael Arrington
Michael Arrington merupakan seorang pendiri situs TechCrunch di tahun 2005. TechCrunch ini merupakan salah satu tempat yang memberitakan mengenai info teknologi yang terbaru.

Dengan keuletan dan kegigihannya dengan situs yang ia dirikan tersebut, di tahun 2008, Michael Arrington terpilih sebagai seorang tokoh yang inspiratif dengan upayanya agar orang-orang lebih mengenal akan dunia teknologi.

Pernah diberitakan jika penghasilannya mencapai hingga US$800,000 dalam sebulan, apabila dirupiahkan menjadi Rp 10 miliar (dengan rate US$1 = Rp 13.000).


Sebenarnya, masih banyak blogger sukses di dunia. Tidak hanya di dunia, di Indonesia, blogger yang sukses seperti contohnya Eka Lesmana. Dia pernah mengatakan jika penghasilannya selama sebulan mencapai hingga Rp 100 juta.

Dalam kehidupan orang-orang sukses di atas, kita bisa memahami jika orang sukses dihasilkan dari niat, bakat, kemampuan, hingga kebaikan mereka dalam bersosialisasi. Rata-rata mereka lebih memilih untuk menyumbangkan uangnya kepada yang lebih membutuhkan, atau bahkan menjadi seseorang yang menonjol dalam melakukan hal kebaikan.

Sukses
Sukses, foto : bisnis.liputan6.com

Yang perlu kita percayai dan kita pahami di sini adalah :

Niat + Tekun, ulet + Investasi + Rajin Menabung = Sukses

Investasi yang dimaksud di sini bisa berupa investasi yang ada di dunia dengan berupaya untuk mencoba mengembangkan lebih baik lagi dengan apa yang dimilikinya, serta investasi untuk akhirat, dengan membantu sesama. Dengan membantu, kita tidak akan pernah rugi. Percayalah!

Maka, kesimpulan yang bisa kita petik hari ini adalah, jangan jadikan cibiran atau tantangan memotong apa yang kamu gemari dan kamu lakukan. Jalani saja, walau banyak cibiran, dengarkan, dan jangan diambil hati. Beda lagi jika orang lain memberi masukkan, maka kamu dengarkan dengan baik, jangan asal masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri.

Setelah kamu menjadi orang sukses, jangan lupakan orang-orang yang membantumu dan mendukungmu, orang-orang yang ada di sekitarmu, tetap membantu orang lain yang membutuhkan, jangan lupakan kepada orang yang sudah mencibirmu, tetap berinvestasi dan rajin menabung, serta jangan lupa bersyukur, karena dengan bersyukur, nikmat yang kamu miliki akan ditambah.

Jika kamu melihat orang-orang yang sukses, kamu bisa simpulkan jika mereka bisa menjadi sukses karena keahlian yang mereka miliki dan gigih dalam melakukan sesuatu.

Kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak?

Jangan lupakan peribahasa yang satu ini :

Tak ada gunung yang tak bisa didaki, tak ada lurah yang tak bisa dituruni
(Asal ada kemauan, kerja keras dan tekun berusaha, maka tak akan ada pekerjaan yang tidak berhasil)

Inti cerita dari judul yang diambil adalah, tetap tekuni apa yang menjadi hobimu, jangan asingkan hobi yang kamu miliki, karena semakin kamu dicibir, maka haruslah bangkit, buktikan dan sihirlah dirimu dengan tekad dan kemauan yang tinggi, asal ada niat, niscaya akan menjadi orang yang sukses.

Kerja Keras + Pola Pikir = Kerja Cerdas

Sebagai penutup dari artikel kali ini, berikut ini secuil video motivasi tentang hobi yang bisa membuat kamu lebih belajar akan arti hidup dan membuat kamu lebih semangat lagi, sehingga kamu bisa tahu jika hidupmu sekarang ini adalah hal yang paling berharga dan tidak untuk disia-siakan.


Ini adalah kontes menulis CekAja

104 komentar

sekarang ini sebuah hobi bisa menjadi penghasilan bro
Ngeblog, ngegame, dll
Jadi kalo kita kerja itu ga merasa capek karena kita kerja dengan apa yang kita senengin

Meotivasi saya untuk mengembangkan hobi saya agar dapat menghasilkan uang :v.
Thanks gan.

saya juga gitu gan,ane hobi nge-blog.Tapi banyak yang menghina gak bisa dapet pvr yang banyak.Tapi alhamdulillah sekarang pv ane 100/hari

bener banget,,,
apa lagi kalo hobi bisa jadi pekerjaan,,
pasti mantep...

terkadang beda gan , orng yg hoby bloger orng yg bikin bloger tpi kerjaan nyari receh pasang iklan dimana" semua jenis iklan di tampilkan :v

Bener banget
Apalagi hobi yg bisa jadi duit

Keren gan :D sangat bermanfaat :v

Betul sekali,yang terpenting terus berjuang,suatu saat pasti membuahkan hasil

Betul sekali,yang terpenting terus berjuang,suatu saat pasti membuahkan hasil

Hoby Blogger Itu Kren Bisa Menambah Uang Saku

Wah keren motivasinya, jadi smngat mengembangkan hobby nih 😊😊 terimakasih, sukses terus mas blogger

ni artikel buat ane yg sering kna bulli tmn2 hhhe

Jalanin hobi dapet senang nya dapet uang nya mantap

betul gan,dan pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar :)

jadi tambah semangat ngeblog ni gan gue

wah kereeen
bener banget apalagi kalau di kembangkan lebih dalam

artikel bermanfaat

Hobi blogger emang keren, selain berbagi wawasan dan nambah amal jariyah yah dapat plus pula. namun nggak kebayang penghasilan blogger dunia. WOW

Tulisannya bagus, rapi dan mudah sekali buat dibaca. Saya salut sekali dengan Agan yang membuat artikel ini. Izin OOT dari topik dikit, saya sangat ingin memiliki tulisan yang rapi dan enak dipandang kyk agan, mungkin tinggal latihan dan belajar terus menerus, ini buat diikutkan lomba kan? Saya juga berniat ikutan tapi bingung masih hehehe.

Oh iya sesuai topik, HOBI yang ditekuni dan POSITIF itu pasti hasilnya akan MEMUASKAN!

Yang penting ulet, pantang nyerah, hati baja, kuat mental, dan sabar. Semoga menang gan dalam mengikuti lombanya

wah ini perlu dibaca seksama artikelnya, makasih mas

wahh mantap gan nice post dehh bermanfaat

jadi tambah semangat nie...........post yg bermanfaat

Nice info gan sangat bermanfaat :)

tapi hobi ane banyak banget gan, susah ditekuni
tapi sekarang ane fokus ngeblog

Kemajuan teknologi bisa menyalurkan hobi kita dan membuat kita sukses, asal bener" niat ngejalaninnya

Bener banget gan, pekerjaan yang paling digemari adalah hobi yang dibayar :D

Motivasi yang sangat bagus, jangan lupa dapatkan motivasi yang lain juga ya gan, jangan hanya karena uang hehe

Terima kasih banyak ya gan, semoga jadi orang yang sukses :)

Biasa, mereka yang menghina, tanda tak bisa gan

Iya gan sekarang lagi tenar-tenarnya nih, udah mulai maju perkembangan dari hobi itu sendiri (y)

Agak dimaklumi gan hehe, mungkin perlu adaptasi lebih dengan blognya :)

Kerja keras dan pantang menyerah juga gan :D

Terima kasih gan, ayo tekuni hobimu!

Karena segala pekerjaan tidak ada yang sia-sia :)

Alhamdulillah gan kalau sudah bisa menghasilkan ^_^

Makasih banyak mba, kembangin terus hobinya, investasi dunia dan akhirat ^_^

Hehe tunjukin ke temen agan, biar temen agan jadi kapok :p

Iya gan, bekerja karena tanpa adanya paksaan :) paling dapet cibiran

Ayo coba kembangkan, nanti barangkali bisa buat usaha sendiri atau jadi chef di restoran, aamiin :)

Terus semangat gan, selagi masih muda, banyak berinovasi! ^_^

Karena hobi itu sebenarnya bakat terpendam yang kita miliki, harus dilatih bukan disembunyikan :D

Mantap gan.. Kerennnnn artikelnya, kami tim JEJAKPEDIA sangat tertarik gan... terimakasih gan...

Wah keren motivasinya, jadi smngat mengembangkan hobby nih 😊😊 terimakasih, sukses terus mas blogger

artikelnya keren dan bermutu moga menang kontesnya,, (y)

yang hoby nulis mending jadi blogger aja ^^

Bermanfaat banget postingan nya gan,
Semoga kita sesama blogger semakin sukses


Amin

hobi bisa jadi bisnis jga loh ya hihihhi, eh btw bagus artikelya bisa buat panutan

ini dia., berawal dari hobby menjadi rejeki

hoby yg paling bagus itu ya "hoby yang dibayar" dalam kata lain ya kerja, tapi ngblog pun mnurut sya hoby yg keren krna dgn bgitu kemampuan kita terasah :)

"Semakin tinggu pohon maka akan semakin banyam angin yang mencoba menjatuhkannya"

setiap ada yang mencibir, ane selalu ingat kutipan diatas.

bener kata agan kita harus tekun dan sabar jika mau berhasil. Jalani terus jangan dengarkan bisikan setan diluar sana.

keren gan, jangan menyerah. jalanin aja secara tekun dan sabar. pasti akan merasakan hasilnya kok . :D

Tapi kalo di dasarkanke uang agak susah. Hobby dulu baru uang. Yang penting happy.

mantappp, memang banyak kok yang sukses dengan hobbinya, kesenangan dapet kecukupan juga dapet. Insya Allah

makasih gan..bisa dijadiin motivasi :)

hobi saya monipulasion photo di photo shop ..tapi gan jarang orang dapat kerja sesuai hobi

Karena setiap kesuksesan membutuhkan perjuangan yang panjang, dan banyak di luar sana mengatur keuangannya untuk memberi sedikit nafkahnya kepada orang yang lebih membutuhkan :)

Alhamdulillah gan makasih banyak. Kalau ingin pintar menulis, niat dan kalau bisa dari hobi gan, nulis juga hobi saya. Saya rajin ngetik di rumah di sekolah selama 3 tahun belakangan, dan hasilnya bisa bagus karena bisa tahu tiap hari bagaimana baiknya, dan dibuang yang buruk.

Iya gan ini diikutkan lomba, ayok gan ikut aja.

Makasih banyak ya gan, sukses buat agan :)

Silakan dibaca gan, kalau mau sukses jangan lupa faktor lain atur keuangan dengan baik ya gan :)

Iya gan, semua informasi pasti bermanfaat kok :)

Pasti agan senang dapat motivasi ya makanya gampang semangat? Wah jadi kalau bisa semangat, cari motivasi yang banyak gan :)

Karena informasi bisa didapat di mana saja, jadi kalau artikel saya bermanfaat, alhamdulillah :D

Wah kalau bisa fokus satu dulu gan, lalu kalau udah mahir nanti ke hobi yang lain, nanti agan jadi bisa orang yang MULTI, bisa apa aja, dan belum banyak loh gan orang yang kaya gitu, jangan lupa semangat ya gan, dan semoga sukses ^_^

Yang penting ada niat gan, nanti jalan menuju suksesnya mudah didapatkan

Makasih banyak ya gan, alhamdulillah kalau artikel saya keren :D

Makasih banget mba, ayo tekuni hobinya mba. Asal ada niat dan kemauan, pasti ada jalan :)

Makasih banyak gan, aamiin, semoga makin sukses ya gan :)

Iya gan karena kita bisa memberikan informasi kepada seluruh masyarakat, jadi tidak hanya kita yang membaca saja, orang lain pun juga ikut membaca dan pasti terbawa suasana :)

Terima kasih banyak gan. Tentu gan, asal tekun dan ulet, pasti akan mudah menggapai sukses gan.

Tentu gan, karena hobi yang dibayar itu sungguh enak, serasa lagi ngga kerja, tapi lagi ngelakuin hal yang disukai oleh kita. Alhamdulillah deh gan bisa buat panutan, semoga bermanfaat ya gan :)

Wah kata-katanya bagus sekali gan, hobi menjadi rejeki :D

Iya gan ngeblog itu kemampuan terasah, mulai dari kemampuan menulis, kemampuan membaca, kemampuan mengedit, kemampuan otak kanan, hingga kemampuan finansial yang bekerja dengan baik :D

Ibaratkan saja cibiran itu adalah orang yang mendukungmu dari sisi yang tidak pernah bisa kamu lihat, ibarat orang yang suka mencibir berada di bagian paling pojok sendiri.

Karena tidak ada pekerjaan yang sia-sia, dan barangsiapa yang sudah bekerja keras, maka akan menuai hasilnya entah kapan, tapi suatu saat nanti :)

Terima kasih banyak ya gan, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi panutan yang bagus :)

Terima kasih banyak gan atas penilaiannya, jalankan hobinya ya gan :)

Jadi termotivasi ane gan, thanks ya,...
Tambah semanag ni,...
:-)
Thanks in Advance

Karena hobi yang diasah tentu bisa menghasilkan uang :D

Iya gan jadi saling melengkapi, jadi tidak ada bagian atau pihak yang dirugikan di sini :)

Motivasi bisa datang dari mana saja, dan saya bangga sekali karena artikel saya ini bisa memotivasi banyak orang, makasih banyak gan :D

Wah justru jarang gan yang punya hobi kaya gitu karena belajarnya otodidak dan tidak bisa ditempuh dari belajar formal sekalipun juga tidak sampai merinci. Bisa kok gan kalau punya hobi seperti itu, bikin usaha pembuatan stiker, kalender, banner dan masih banyak lagi gan, di kota itu sudah laris banget gan, karena mulai dari muda hingga tua pasti membutuhkan desain :)

Ayo gan udah semangat kan? Ayo diniatkan terlebih dahulu, dan lakukan serta bekerja cerdaslah ^_^

Manjada wajada : barang siapa bersungguh-sungguh maka dapatlah ia,
Wah,, keren gan, memang terkadang perkataan orang lain harus dianggao sebagai angin lalu, terkadang juga harus dianggap sebagai cambukan agar semangat kita terus terbakar, nice article

Sebenarnya banyak perkataan orang yang memotivasi, banyak juga yang memberikan celaan. Sepintar-pintarnya kita saja dalam memilah, yang baik dicerna, yang buruk buang saja.

Buat blogger pemula , semangat bro 8-) jangan mudah jatuh jika dicibir karena setiap cibiran mungkin bisa bikin kamu jadi lebih tau dimana letak kesalahan kamu dan memperbaikinya dan mungkin dia akan diam :P :o

Selama menjadi blogger banyak pengetahuan di dapat bro :) heheheheh kebanyakan serching sih

Keren gan,Kerja keras dibayar dengan sepadan :D

wah saya menjadi termoticasi biar giat dalam menjalankan bisnis online . thank infonya

Iya gan tetap semangat karena tidak ada hidup yang dimulai dari nol (pemula) untuk menjadi seorang ahli, pasti membutuhkan kerja cerdas dan waktu yang tidak singkat.

Iya gan karena pengetahuan itu luas dan bisa diperoleh di mana saja ^_^

Biasanya bukan sepadan lagi gan, malah lebih, mungkin ini akan menjadi trend di masa depan ketika hobi akan dibayar :D

Bisnis online dan offline sama saja gan, yang susah itu perawatannya hehe :D

Alhamdulillah gan artikel saya bermanfaat bagi orang banyak ^_^

Terima kasih kawan, jangan lupa untuk terapkan kerja cerdas disetiap hari agan ya ;)

Keren bnget artikelnya, sangat menginspirasi sekali

keren banget, abis teori langsung ke contoh nyata..
salut..
apalagi yg komen udh 50 org kurang lbh, udh 104 komentar aja dgn komen sy ini..
bagi2 donk komennya hehehe..
sukses terus ya dengan hobi kita (y)

jika berkenan blogwalking dimari :D trims
http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/saya-ingin-menjadi-si-kecil-yang-besar.html


EmoticonEmoticon