Senin, 12 Desember 2016

Terima Kasih! JakCloth Goes to Purwokerto 2016 Petjah!

JakClotg Goes to Purwokerto di tahun 2016 ini memberikan suatu gebrakan teranyarnya yakni "Roadshow" tour ke beberapa kota di Indonesia. Purwokerto juga masuk ke dalam daftar kunjungannya.

JakCloth Goes to Purwokerto 2016 diadakan di GOR Satria, bertanggal 9 sampai 11 Desember 2016, atau selama 3 hari acara ini berlangsung.

Event ini menghadirkan beberapa brand distro ternama, seperti : Heyho, Think Cook Cook, Moonlight, Bloods, Skymo, Troy Company, Thanks Insomnia, Crooz dan puluhan brand indie distro lainnya.

Tidak hanya menghadirkan brand-brand distro, event JakCloth juga memiliki ciri khas yakni selalu menghadirkan band-band papan atas. Untuk di Purwokerto, ada band papan atas yang dihadirkan, seperti : Rocket Rockers, Revenge the Fate, Payung Teduh, Killing Me Inside dan yang terakhir DJ Yasmin.

JakCloth Goes to Purwokerto 2016

Puncaknya malah bukan di saat malam minggu. Terlihat puncaknya pada malam terakhir, yakni malam senin. Terlebih saat panggung sudah mengangkat Payung Teduh, Killing Me Inside dan DJ Yasmin. Yap, di hari terakhir tanggal 11 Desember 2016.

Satu kata, petjahhhhh!!!

Semua penonton tumpah ruah, bahkan hingga melebihi stand brand distro sebelah utara. Kemeriahan pada saat itu dimulai sehabis isya, tepatnya saat Payung Teduh tampil.

Sekilas Tentang JakCloth Goes to Purwokerto 2016

  • Hampir 80 Brand Distro Ikut ke Purwokerto
Ada booth 5x5 yang diisi dengan 11 stand, dan ada booth 3x3 yang diisi dengan 65. Jadi, total adalah 76, hampir tembus 80. Akan tetapi, tentu masih kalah ramai dibandingkan dengan JakCloth di Jakarta beberapa waktu yang lalu, yang hampir tembus 300 brand!

  • Dominasi Brand dari Luar Kota
Brand distro yang ikut pada expo seperti ini, salah satunya di Purwokerto didominasi oleh brand distro luar kota. Seperti contohnya dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan lain sebagainya.

  • Semua Brand Distro WAJIB Diskon
Brand distro yang ikut acara-acara seperti ini, expo, clothing, carnival, festival, wajib memberikan diskon. Tak tanggung-tanggung, ada yang :
  1. Rp 100 ribu dapat 3 pcs
  2. Buy 1 get 1
  3. Buy 2 get 4
  4. Rp 100 ribu dapat 2 pcs
  5. Diskon mulai pembelian sebanyak 2 pcs
  6. Diskon 50%
  7. Diskon 70%

  • Walau Diskon 70%, Brand Distro nggak akan Pernah Rugi
Estimasi kita bisa lihat dengan baik. Kita berikan dan beberkan salah satu contoh saja.

Kaos distro itu harga 1 pcs nya adalah Rp 120 ribu. Apabila mendapat diskon hingga 70%, maka menjadi Rp 36 ribu. Distro rugi? Nggak! Nggak rugi sama sekali!

Ingin tahu rahasianya kenapa Rp 36 ribu tidak membuat distro rugi? Cari tahu saja sendiri, saya sudah tahu kok hehe.

  • Barang Distro yang Ikut Expo, Clothing, Festival, Carnival Bukan Barang Tak Laku
Hal ini pernah terkuak mengenai dapur rahasia dari distro itu sendiri.

Apabila suatu brand distro ingin ikut acara seperti di atas memang diwajibkan diskon. Akan tetapi, bukan berarti barang tersebut tidak laku. Barang tersebut masih baru!

Cium baunya saja, barang itu masih baru. Hal ini dikarenakan, ada bagian untuk dijual di expo sendiri, ada juga yang dijual di pemasok distro di kota-kota di Indonesia.

  • Bukan Siang, Tapi Malam
Hal ini terungkap dengan jelas berdasar dari analisa yang diperoleh. Biasanya, biasanya, ini bukan mutlak, jika di bawah jam 5 sore atau sebelum maghrib, pengunjung distro hanya tembus ratusan pengunjung saja.

Berbeda di malam hari atau sehabis maghrib, pengunjung malah tumpah ruah tembus hingga ribuan pengunjung dan bahkan hingga puluhan ribu pengunjung.

  • Bukan Malam Minggu, Tapi Malam Senin
Terbukti dalam caption Instagram seseorang, menyatakan jika bukan Malam Minggu yang ramai, melainkan Malam Senin atau hari terakhir JakCloth Goes to Purwokerto 2016.

  • Terima Kasih bagi yang Sudah Nonton dan Membeli
Ini sebenarnya acara clothing expo, dan yang seharusnya ditekankan di sini agar pengunjung membeli produk-produk distro yang ditawarkan.

Akan tetapi, ada juga yang datang hanya menonton konsernya saja, menonton bandnya saja. Nggak apa-apa sih, tapi yakin kuat ngelihat expo gini tanpa beli?

  • Rela 3 Hari Datang Terus-Menerus? Ada!
Tidak sedikit orang-orang yang memiliki tipe atau karakter seperti ini.

Ada yang di hari pertama beli barang, hari kedua nonton konser, hari ketiga beli barang + nonton konser. Jadi, orang-orang seperti ini sangat hapal artikel-artikel yang ditawarkan oleh masing-masing brand.

  • Pertama Kalinya di Purwokerto
Di tahun 2016 ini, JakCloth pertama kali datang di Purwokerto. Ternyata, kedatangannya ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang dalam hal ini lebih ditargetkan pada kalangan remaja.

  • JakCloth Event Clothing Distro Terbesar di Indonesia
JakCloth atau dalam kepanjangannya adalah Jakarta Clothing yang bermakna event clothing distro yang berasal dari Jakarta.

Sangat bangga sekali jika Purwokerto menjadi salah satu tempat singgah bagi JakCloth ini, dan belum tentu tahun depan ada lagi di Purwokerto.

  • JakCloth Sangat Sibuk di Bulan Desember 2016
JakCloth sangatlah sibuk di bulan Desember 2016 ini, dengan jadwal :
  1. Minggu pertama, ada di Jakarta (YES) 2016
  2. Minggu kedua, ada di Purwokerto
  3. Minggu ketiga, ada di Solo
  4. Minggu keempat, ada di Jember
  5. Akhir tahun 2016 + awal tahun 2017, ada di Lampung

Foto-foto

JakCloth Goes to Purwokerto 2016

JakCloth Goes to Purwokerto 2016

JakCloth Goes to Purwokerto 2016

JakCloth Goes to Purwokerto 2016

JakCloth Goes to Purwokerto 2016

Oke, terima kasih banyak yang sudah datang dan memeriahkan acara ini, semoga Purwokerto bisa mendapat kunjungan lagi dari JakCloth, karena Purwokerto sendiri cukup antusias dan lumayan ramai walau masih kalah dengan kota lain, seperti contohnya Solo, dan masih kalah telak dari Jakarta.

Yang perlu diperhatikan, rata-rata tidak datang ke acara ini karena acaranya terlalu mepet, ada yang tidak punya uang, dan ada yang lagi di luar kota. Sekian, dan semoga ada lagi di Purwokerto tahun 2017 yang akan datang!


EmoticonEmoticon