Jumat, 04 November 2016

Posisi Duduk di Depan Komputer Jangan Bungkuk!

Posisi Duduk di Depan Komputer/Laptop yang Benar, Jangan Bungkuk! - Kadang asyik sendiri kalau lagi duduk di depan laptop atau komputer. Banyak kebiasaan orang-orang Indonesia kalau lagi komputeran atau main laptop, biasanya :
  1. Main game,
  2. Mencari tugas,
  3. Mencari hal-hal yang baru,
  4. dan lain sebagainya

Saking asyiknya, terkadang kita lupa bagaimana posisi duduk yang benar saat di depan layar komputer atau laptop.

Bermain Komputer/Laptop

Memang tidak baik di depan monitor terlalu lama, bahkan juga dengan posisi duduk yang salah. Bisa-bisa bungkuk nantinya.

Akan tetapi, berdasarkan dari yang pernah aku baca sebelumnya, beberapa di bawah ini posisi duduk yang baik, dan masalah-masalah yang lain.

Apa yang Harus Kalian Lakukan Saat Berhadapan dengan Monitor?


1. Jarak Mata dengan Monitor Minimal 30 cm


Kan sudah pernah kita ketahui sebelumnya, tidak baik melihat terlalu dekat dan tidak baik melihat terlalu jauh. Akan tetapi, efektifnya adalah sedikit lebih jauh. Kalau aku sendiri biasanya jarak pandang mata dengan monitor biasanya 45 cm.

2. Jangan Duduk Lama-lama


Banyak sekarang ini entah kalangan pelajar atau pekerja yang biasanya duduk di depan monitor berlama-lama. Ibarat 2 jam itu masih wajar.

Terkadang lebih dari itu, bahkan hingga 10 jam duduk, wah apa nggak lelah ya?

Kalau aku sendiri, biasanya aku kasih selingan duduk, lalu tiduran. Tapi dengan catatan, tiduran juga tidak lama, karena tidak baik untuk mata.

3. Lakukan Olahraga Kecil Setiap Beberapa Jam Sekali


Lakukanlah beberapa olahraga kecil setiap beberapa jam sekali, apabila kamu sudah mulai lelah dan ngantuk.

Bisa dengan cara jalan-jalan. Dengan jalan-jalan ini adalah salah satu kegiatan yang paling efektif. Kamu bisa jalan ke dapur, atau ke kantin atau ke manapun, yang penting tidak membuat waktumu terbuang sia-sia.

4. Melihat Daun yang Hijau (Segar) Setiap Beberapa Jam Sekali


Hal ini untuk mengistirahatkan mata atas monitor yang biasanya saat kita sedang mengetik, berkedip lama sekali, ini tentu tidak baik.

Ada kalanya memberikan kesempatan bagi mata untuk beristirahat dengan melihat energi hijau yang segar seperti daun-daun yang ada di sekitar rumah atau tempat kerja kamu.

5. Atur Posisi Duduk agar Bagian Leher Tidak Menekuk


Terkadang, kebiasaan orang-orang yang sekarang ini mengatur posisi duduknya di depan monitor, ada yang lebih rendah dari kepala, ada yang lebih tinggi dari kepala.

Yang paling efektif sebenarnya sejajar atau segaris dengan kepala, agar tidak kesusahan nantinya.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon